Saturday, October 18, 2014

Tempat Ngopi Terbaik di Jakarta Versi JieWa

Kalo pas lagi ke Jakarta, sudah pasti hunting Kuil Kopi alias kafe yang mantab-mantab. Soal kopi, rasanya Jakarta memang masih barometer utama di Indonesia. Mulai dari ambience, barista juara, bean hingga mesin-mesin kopi terseksi, semua ada di Jakarta.
Jakarta Best Coffee Shop-017 Koultoura Coffee
Oya, ada dua hal yang perlu gw kasi tau dulu. Pertama, list ini subjective banget. Selera Kopi itu personal, tiap org punya style sendiri2. Kedua, I talk about REAL COFFEE here, bukan sekedar café yang fancy-fancy di mall.
So here it is; the top 5 best coffee shops/café in Jakarta, in random order. Sudah pernah mampir ke kafe yang mana aja kawan?
Menginap Di Jakarta yang paling Nyaman? ONYX Residence, Penginapan Terbaik dan termurah untuk kawasan Jakarta, Penginapan bersih di JCC

1/15 – One Fifteenth Coffee

Ambience disini perfect buat ngopi. Spacious dan -favorit gw- deras akan natural light yg bikin good mood buat nyeruput secangkir Cappuccino di pagi atau sore hari. Pilihan kopi dan metode brewingnya lengkap, espresso based hingga manual brew.
Jakarta Best Coffee Shop-001 115 Coffee Gandaria
Alasan lain, hosted by the winner of Indonesia Barista Championship 2013, Doddy Samsura. Masih kurang apa lagi? :)
Jakarta Best Coffee Shop-002 115 Coffee Gandaria
Address: Jalan Gandaria I/63, Jakarta Selatan. Phone : +62 21 7225678. www.1-15coffee. Read my 115 review.

Monolog

Bisa jadi coffee shop paling ngehit di Plaza Senayan. Cappuccino disini smooth & delicate, pas banget dijodohin sama Croissant yang buttery. Sayangnya kalau akhir pekan mesti rebutan kursi karena rame banget. Kadang terpaksa duduk di bar.
Jakarta Best Coffee Shop-004 Monolog Plaza SenayanJakarta Best Coffee Shop-003 Monolog Plaza Senayan
Address: Plaza Senayan CP 101B, Palm Gate Entrance (Jalan Asia Afrika No. 8). Jakarta.

Yellow Truck Coffee Tea & Co

Let me be honest, this place is not a café. Forget about all the fancy sofa, cake, wifi and pretty waitress. It’s a coffee lab! Tempatnya coffee geek ngumpul.
Jakarta Best Coffee Shop-009 Yellow Truck CoffeeJakarta Best Coffee Shop-005 Aji Darius Yellow Truck
Yellow Truck ini benernya showroom PT. Kopiku Indonesia. Kalo nyetir di jalan Hang Tuah (deket Senci), rasanya bakal ga notice kalo spot ini menyuguhkan kopi enak.
Yuuuukk Nginep Di ONYX Residence, Penginapan Murah dan Nyaman Di dekat GBK
Jl. Penjernihan 1 No. 15 Pejompongan, Jakarta
Jakarta Best Coffee Shop-011 Yellow Truck CoffeeJakarta Best Coffee Shop-006 La Marzocco Yellow TruckJakarta Best Coffee Shop-008 Latte Art
Disini jangan heran kalo bakal diadu cupping macam2 kopi andalan mereka sama baristanya, Aji Darius, runner up Indonesia Barista Championship 2013.
Must try: Java Aromanis with Jackfruit fragrance.
Addreess: Jalan Hang Tuah Raya no. 9, Jakarta.

Giyanti Coffee Roastery

Pertama kali kesini mungkin bakal ciut karena memasuki gang kecil dulu. Ternyata di ujung sana ada coffee shop keren. Mirip dgn café-café bule yang kita lihat di Pinterest itu lho *ndeso* Buka pintu disambut mesin coffee roasting dan aneka gear coffee brewing.
Jakarta Best Coffee Shop-013 Giyanti Coffee Roastery
Hendrik, ownernya sendiri dibelakang kemudi mesin  La Victoria Arduino - Athena Leva yg eksotik. Latte dengan kopi Flores-nya menyenangkan, pas banget sambil nyamil Apple Puff Pastry.
Sayang disini tutup jam 5.30pm dan.. No camera allowed! *it was me being naughty*
Addresss : Jalan Surabaya No. 20. www.giyanticoffeeroastery.com

Koultoura Coffee

Rasanya gw bakal dirajam kalo ga masukin Koultoura ke dalam list ini. Resepnya bagi gw tetep sama, kopi berkualitas disajikan dalam desain interior oke KEREN!
Jakarta Best Coffee Shop-016 Koultoura CoffeeJakarta Best Coffee Shop-019 Koultoura Coffee
Mereka punya mesin espresso Spirit pertama yang pernah gw lihat di Jakarta. What a sexy custom. Pertama kali juga di Jakarta pesen espresso dan dikasih sparkling water buat cleanse rongga mulut. *Ok Jie, that’s geeky*
Jakarta Best Coffee Shop-022 Koultoura Coffee
Gw suka lantai dua yang cozy banget, enak buat bawa kerjaan atau sekedar nongkrong ganteng.
Address : Taman Ratu Indah Blok AA2 no 33 Jakarta Barat. +62 21 295 20310.www.koultouracoffee.com. Read my Koultoura review.

Other Coffee Shops to Visit

Lho, kok ga ada Anomali? Kan itu ‘Starbucks’-nya Indonesia? Beberapa kali ke Anomali yang berbeda, belum dapat feel yg pas. Ada yang outletnya bagus, tapi racikan kopinya biasa dan sebaliknya, pas kopinya oke tapi ambience crowded.
Jakarta Best Coffee Shop-027 Anomali CoffeeJakarta Best Coffee Shop-028 Anomali Coffee Setiabudi One
Kalau boleh masukin lebih dari 5, gw bakal cemplungin Liberica Coffee di Pacific Place atau juga Pandava Coffee di Epicentrum. Sayang Liberica agak pricey, maklum sih karena di pusat bisnis. Pandava juga bagus Latte-nya, cuma servisnya agak ‘dingin’. Well again, that’s subjective ya :)
Jakarta Best Coffee Shop-024 Liberica CoffeeJakarta Best Coffee Shop-023 Liberica Coffee
*above : Liberica Coffee, below: Pandava Coffee*
Jakarta Best Coffee Shop-030 Pandava Coffee EpicentrumJakarta Best Coffee Shop-034 Pandava Coffee Slayer Espresso MachineJakarta Best Coffee Shop-032 Pandava Coffee Epicentrum
Dan kalau ada kesempatan ke Jakarta lagi, Kopi JavvaCrematologyTanamera dan.. sebuah kafe yg bakal buka di Feb 2014 *surprise!* sudah pasti di daftar buron gw hehe..
Moga-moga list ini bisa jadi referensi buat temen-temen Initialers yang doyan ngopi sekaligus pengen gahol di Jakarta ya. Have a great cup! (koboi)

No comments:

Post a Comment